0
Harga pasar bergerak seperti hukum gravitasi. Pembeli dan penjual saling tarik menarik sampai tercapai suatu kesepakatan harga. Dengan mengamati grafik harga, trader berusaha memprediksi, menganalisis, dan menyelidiki pergerakan harga.

Pada intinya, setiap pergerakan harga mata uang ditentukan oleh supply (penawaran) dan demand (permintaan). Jika muncul berita yang positif, maka permintaan meningkat dan penawaran berkurang. Sedangkan jika ada berita negatif, biasanya permintaan menjadi sedikit berkurang dan penawaran mengalami peningkatan.

Supply dan Demand

Supply adalah jumlah barang yang tersedia, sementara Demand adalah jumlah barang yang diinginkan. Untuk memahaminya, mari gunakan sebuah ilustrasi sederhana berikut ini. Bayangkan Anda akan menjual jeruk hasil kebun sendiri di pasar terdekat dan Anda tidak perlu harus menjual habis semua jeruk karena harga jeruk yang sedang melambung tinggi.

Pada awalnya harga jual untuk 1 kantong jeruk hanya sebesar 1 dollar. Dari seluruh hasil panen, Anda hanya menjual 4 atau 5 kantong pada harga tersebut. Lama kelamaan, harga jeruk mencapai 10 dolar per kantong dan pada harga tersebut Anda menjual seluruh jeruk yang Anda miliki. Dari ilustrasi ini jelas bahwa Anda disarankan agar tidak boleh langsung menjual seluruh jeruk Anda, tetapi menunggu sampai harga benar-benar tinggi.

Grafik di bawah ini disebut "kurva penawaran", garis merah menunjukkan supply yang meningkat karena harga bergerak lebih tinggi (terletak pada sumbu horisontal).

Sekarang pikirkan hubungan pembeli-penjual dari sudut pandang konsumen. Semakin rendah harga, permintaan menjadi lebih tinggi yang mana merupakan kebalikan dari kurva penawaran. Jika harga jeruk hanya 1 dolar per kantong, maka yang diinginkan konsumen adalah untuk membeli jeruk sebanyak mungkin. Sama seperti kenaikan harga, demikian juga dengan supply, karena jika harga jeruk menjadi 10 dolar per kantong, maka secara otomatis konsumen akan mencari produk lain yang lebih murah.


Penjual dan pembeli akan bertemu dan bersaing di pasar untuk menentukan harga. Demikianlah harga pasar ditentukan. Berikut ini adalah tabel yang menggambarkan situasi tersebut:


Kurva penawaran dan permintaan dapat menunjukkan harga secara efisien karena pembeli dan penjual dapat memantau trading mereka dari balik layar komputer.




Sumber:
Dailyfx.com
http://www.seputarforex.com/

Posting Komentar

 
Top