1
Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian trader-trader Amerika gemar mempelajari trading dengan menggunakan grafik. Grafik yang disukai oleh para trader Amerika adalah bar chart, sedangkan trader Asia biasanya cenderung menggunakan candlestick. Menurut para trader Amerika, bar chart lebih mudah digunakan daripada candlestick. Kesederhanaannya dalam satuan bar lah yang membuat trader dari Amerika menyukainya. Sehingga banyak dari trader Amerika tersebut yang memutuskan untuk mendalami bar chart.




Walaupun tidak semua trader-trader US menyukai bar, namun di Amerika, bar chart lebih populer ketimbang candlestick. Karena mungkin sejak mereka mempelajari dasar-dasar analisis teknis, para tutor, guru, atau teman-teman trader tersebut sudah mengajarinya dengan bar chart, sehingga secara tidak langsung, bar chart menjadi sering dipakai di negara itu.

Lalu apa sih keunggulan bar chart ketimbang candlestick? Keunggulannya adalah karena bar chart hanya memiliki pola high low open close saja. Mempelajari bar chart tidak perlu memahami arti dari hammer, morning star, maupun yang lainnya.



Bar chart dibaca secara sederhana dengan melihat close bar. Hal itu terlihat pada saat terjadi perpindahan bar. Jika close bar lebih tinggi dari bar sebelumnya berarti tren up mulai terbentuk. Begitu juga sebaliknya, jika close bar lebih rendah ketimbang bar sebelumnya, maka tren down lah yang akan terbentuk.

Begitu mudahnya memahami market, namun terlepas dari itu, penguasaan bar chart tidak hanya terpatok pada melihat high dan low maupun close saja. Ada banyak strategi di dalamnya, sama seperti candlestick terdapat price action, pinbar, dan lain-lain.

Singkatnya, bar chart tidak memiliki banyak teori yang rumit. Anda hanya perlu melihat pada high dan low pada market untuk mendapatkan keuntungan. Begitupun jika Anda melihat close bar ke bar lainnya, Anda pasti sudah dapat mengerti pergerakannya.

Pelajarilah dengan sungguh-sungguh salah satu chart dalam trading Anda. Semakin Anda dalami dan fokus pada salah satu chart, maka di situlah Anda dapat menuai keuntungan. Trader Amerika menyukai bar adalah karena mereka dilatih dan berlatih dengan bar. Begitu juga dengan Anda, berlatih serta diajari dengan candlestick. Tidak masalah jika Anda tidak menyukai baik candle maupn bar, carilah chart mana saja yang menurut Anda nyaman digunakan dan yang terpenting Anda harus memahaminya untuk dipakai sebagai analisis.




Sumber:
Dailyfx.com
http://www.seputarforex.com/

Posting Komentar

  1. Fasilitas memang terbaik telah di berikan, dan bonus yang lumayan juga, namun dimana ane sih saat ini kurang tertarik om untuk gabung di ACY, karena dimana ada hal yang harus di kembangkan kembali, seperti dimana leverage yang kecil, dan layanan berbahasanya kurang, semoga ACY dapat di kembangkan deh agar dimana ane dapat lebih tertarik lagi untuk coba gabung di ACY ini.

    BalasHapus

 
Top