0
Setelah Anda membaca dan mengetahui informasi mengenai Doji di artikel sebelumnya, kali ini kami akan mengulas cara memanfaatkan Doji untuk mengetahui tren jangka panjang. Di bawah ini, Anda dapat mengetahui bentuk Doji yang berupa candlestick yang terbentuk dari keseimbangan antara pembeli dan penjual. Berikut ini adalah penjelasannya.


Gambar di atas menjelaskan kondisi harga yang sedang dipantau. Tubuh atau body candle stick sangat pendek sehingga hampir tidak terlihat. Sedangkan sumbu atau lidi yang biasanya tertutup oleh body candle pada gambar di atas cukup terlihat. Tubuh candle yang sangat pendek ini mengindikasikan bahwa sejak pembukaan sampai penutupan, harga memiliki kecenderungan untuk tetap atau hampir sama. Sumbu atau lidi yang panjang menggambarkan pergerakan harga yang cukup sedikit atau tidak banyak.

Secara psikologis, Doji menggambarkan keraguan pihak penjual dan pembeli. Pihak penjual meragukan kemungkinan menguatnya harga. Sebaliknya, pihak pembeli meragukan kemungkinan melemahnya harga. Inilah yang menciptakan keseimbangan harga mengingat sedikitnya modal yang ditransaksikan oleh trader. Meskipun demikian, pada akhirnya baik pembeli maupun penjual akan melihat adanya potensi market yang akan mengubah arah pergerakan harga menjadi tren selanjutnya.

Dan, ketika trader melihat kemunculan Doji, mereka akan menentukan arah trading berdasarkan candle sebelumnya. Jika arah pergerakan harga sebelumnya naik, maka setelah kemunculan Doji, trader berasumsi bahwa akan terjadi pembalikan sehingga mereka melakukan jual. Tetapi, jika arah pergerakan sebelumnya turun, maka setelah Doji terlihat, trader berasumsi bahwa akan ada pembalikan sehingga mereka melakukan beli. Salah satu keuntungan memanfaatkan Doji adalah dapat menempatkan stop loss yang lebih kecil.


Dalam gambaran di atas, harga telah bergerak turun ke area SMA yang bergaris hijau dengan periode 200. Setelah diketahui jika harga awalnya berhenti di atas SMA 200, maka stop loss dapat ditempatkan di bawah garis SMA 200. Dan karena harga telah bergerak lebih rendah pada candle sebelumnya, maka kemungkinan potensi perubahan arah semakin besar. Setelah Doji selesai ditutup, trader bisa mengambil posisi beli dengan stop loss yang ditempatkan tepat di bawah sumbu seperti yang tercantum pada tabel.

Manfaat yang dapat Anda peroleh dari perdagangan seperti ini adalah bahwa Anda berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar dengan resiko sekecil mungkin. Perlu tetap diingat bahwa semua hal dalam trading tidak dapat memberikan jaminan keuntungan 100%. Semua trading yang menggunakan Doji tidak akan berhasil tanpa disertai pengelolaan resiko yang baik. Gunakanlah management resiko secara bijaksana sehingga Anda dapat mencapai keuntungan perdagangan secara konsisten.

http://www.seputarforex.com/

Posting Komentar

 
Top